GRILAB.

"We Tell You The Truth"

Ini 5 Berlian Termahal di Dunia, dari Koh-i-Noor hingga Pink Star

Berlian, batu terkeras berdasarkan standar Mohs, memang menjadi incaran banyak orang. Bahkan, beberapa berlian termahal di dunia sampai ada yang tidak ternilai harganya.

Selain harga yang fantastis, kilau dan warna yang unik, setiap berlian mahal ini juga memiliki sejarah atau cerita di balik penemuan, pemotongan, hingga di mana batu ini berada sekarang.

Lantas, apa saja berlian yang termasuk dalam kategori termahal dan terpopuler di dunia? Berikut daftarnya!

Deretan 5 Berlian Termahal di Dunia

Ini daftar 5 berlian termahal, mulai dari harga sekitar 940 miliar rupiah hingga tak ternilai harganya:

  • Koh-i-Noor

Koh-i-Noor merupakan berlian yang penuh dengan sejarah. Namanya berarti "Gunung Cahaya" dalam bahasa Persia. Koh-i-Noor memiliki sejarah panjang yang cukup kontroversial, karena berpindah tangan antara berbagai penguasa di Asia.

Sebelum akhirnya menjadi bagian dari Mahkota Kerajaan Inggris. Bisa dibilang keluarga kerajaan ini merupakan pemilik berlian termahal di dunia karena berlian Koh-i-Noor tidak ternilai harganya. 

Berlian ini awalnya ditemukan di salah satu tambang paling kuno di India. Beratnya mencapai 793 karat, setelah beberapa kali dipotong, beratnya kini 105,6 karat. 

  • Cullinan

Berlian Cullinan ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Cullinan merupakan berlian mentah terbesar yang pernah ditemukan. Berat awalnya 3.106 karat. Cullinan memegang harga berlian termahal, melampaui 6 triliun lebih!

Namun, Cullinan akhirnya dipotong menjadi 9 bagian, dengan Cullinan I atau "Bintang Afrika I" sebagai potongan yang terbesar. Beratnya 530,2 karat.

Sekarang, beberapa potongan dari Cullinan menjadi bagian dari permata Mahkota Inggris dan Cullinan I berada di atas Sovereign Sceptre with Cross.

  • Hope

Daftar ketiga berlian termahal di dunia adalah Hope, terkenal dengan warna birunya yang intens. Berlian 45,52 karat ini awalnya dimiliki oleh monarki Prancis dan dikenal sebagai "Bleu de France". 

Namun, kepemilikan berlian akhirnya berpindah tangan ke Henry Philip Hope. Dengan warna biru yang langka, berlian ini menjadi salah satu berlian berwarna terbesar yang ada.

Saat ini, Hope disimpan di Smithsonian Museum di Washington, D.C., dan meskipun nilainya tak terhitung, perkiraan harga berlian ini mencapai lebih dari 350 juta dolar AS atau 5.4 trilyun rupiah.

  • De Beers Centenary

Jenis berlian termahal keempat adalah Berlian De Beers Centenary, ditemukan di tambang Premier Mine di Afrika Selatan pada tahun 1986. Berlian ini memiliki berat 273,85 karat, setelah pemotongan dari bentuk aslinya yang 599 karat. 

Ini merupakan salah satu berlian tak berwarna dengan tingkat kejernihan tertinggi yang pernah dinilai, membuatnya menjadi sangat langka dan berharga. De Beers Centenary tidak dimiliki oleh individu tetapi oleh De Beers Consolidated Mines Limited.

Berlian ini tidak pernah dijual di pasaran terbuka sehingga harganya tidak diketahui secara pasti, namun diasumsikan bernilai lebih dari 1.5 triliun rupiah atau 100 juta dolar AS.

  • Pink Star

Sesuai namanya, Pink Star atau Steinmetz Pink memiliki warna pink yang memukau. Berlian ini memiliki berat 59,60 karat, menjadikannya salah satu berlian pink terbesar yang ada. 

Ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1999, Pink Star dijual dalam lelang pada tahun 2017 dengan harga 71,2 juta dolar AS atau lebih dari 1 triliun rupiah!

Itu dia 5 berlian termahal di dunia! Dengan berbagai keunikan warna dan sejarahnya, tidak mengherankan bila harganya bernilai triliunan rupiah.

Jika Anda ingin memperdalam pengetahuan tentang beragam macam berlian, Anda bisa mengunjungi Grilab, lab diamond berstandar Internasional di Indonesia. 

GRI Laboratory juga menyediakan layanan pengecekan batu permata, bagi Anda yang ingin memastikan keunikan, keaslian, dan kualitas batu mulai yang dipunya. Klik di sini untuk mengetahui layanan secara detail atau tim gemologi Grilab.